Dynamic Glitter Text Generator at TextSpace.net
Sabtu, 21 Agustus 2010

Bagaimana Mengelola Blog Kamu ?

tulisan ini khusus buat teman2 yang sudah punya blog, tapi masih kesulitan mau melakukan apa pada blognya, disipun amel jg masih blajar nulis…. Sekarang apa yang harus anda lakukan dengan blog itu? Coba gunakan cara praktis berikut untuk mengenali isi situs/blog anda. Metode yang biasa dilakukan untuk memulai nge-blog dengan wordpress.com adalah membuat blog anda tampil cantik. Untuk melakukan itu, pertama membuat tulisan kemudian menampilkannya (Publish). Tulisan apa saja, sembarang, yang penting anda perlu belajar bagaimana mengisi blog anda dengan tulisan. Untuk menulis sebuah tulisan (post), klik ” New Post” pada Panel admin wordpress (My Dashboard), isi judul tulisan, mulailah menulis, kemudian letakkan dalam suatu kategori. Anda dapat membuat beberapa kategori dengan menuliskan kata (atau beberapa kata) di dalam kotak Kategori (biasanya ada di samping kanan Editor Tulisan) kemudian klik Tambah. Dengan nge-klik “Tambah” anda telah membuat kategori baru (tunggu beberapa saat yah).
Untuk memilih kategori itu, klik kotak ceklist yg ada di kiri setiap kategori. Kalau sudah siap tulisan anda untuk ditampilkan, Klik saja “Tampilkan”. Setelah anda mem-publish (menampilkan) tulisan, klik Presentation (Tampilan) ada di menu utama dashboard dan gulung ke bawah untuk memilih/melihat-lihat daftar Tema WordPress yang tersedia. Pilih salah satu tema tadi dengan me-klik-nya kemudian Lihat Situs anda. Coba jelajah situs denagn tema yang telah anda pilih itu, lihatlah bagian front page (halaman depannya), coba lagi bikin tulisan dan menampilkannya, sekali lagi jelajah semua isi situs tadi. Kenali semua sisi-sisi situs dengan tema tadi. Anda menyukainya, ok mulailah nge-blog. Gak suka? Ubahlah dengan tema lain yang tersedia. Anda telah melakukannya. Penge-blogan telah dimulai.password Ups… perlu ditambahkan, sebelum anda mengakhiri kegiatan per-blog-an jangan lupa untuk mengubah password pemberian WordPress.com, ganti dengan password buatan anda sendiri sehingga mudah anda ingat.
Sekarang saya akan coba jelasin masing-masing fungsi dari kolom-kolom pada Wp.com :
  1. Title – Isilah dengan judul artikelnya
  2. Post – Ada dua tab, yang satu Visual, menampilkan artikel dalam mode WYSIWYG editor, kamu bisa langsung melihat hasilnya saat mengedit format textnya. Tab yang kedua adalah Code, tempat kamu melihat kode HTML dari artikel yang hendak kamu publikasikan ini.
  3. Categories – Digunakan untuk mengatur penempatan artikel pada kategori tertentu. Anda dapat menempatkan sebuah artikel pada beberapa kategori sekaligus.
  4. Discussion – Mengatur apakah anda membuka komentar atas artikel anda. Juga mengatur apakah anda mengijinkan mesin agregator membaca artikel anda.
  5. Post Password – Memberi password pada artikel. Digunakan untuk artikel-artikel yang sifatnya rahasia.
  6. Post Slug – Adalah tampilan URL yang anda inginkan (digunakan bila kamu mengaktifkan opsi permalink). Misal anda isi artikel_satu maka jika artikel ini dibuka akan tampil dalam address bar http://domain-kamu.com/artikel_satu/
  7. Post Status – Digunakan untuk menampilkan status artikel. Ada 3 pilihan yaitu Published (sudah dipublikasikan), Draft (masih rancangan), Private (artikel pribadi/rahasia).
  8. Post Timestamp – Digunakan untuk mengatur tanggal penerbitan artikel. Secara default, tanggal sama dengan saat anda menulis artikel. Bila dibuat tanggal yang akan datang, maka artikel akan muncul saat tanggal yang ditentukan.
  9. Upload – Digunakan bila kamu ingin mengupload sebuah file (misalnya gambar) dan akan memasukkannya ke dalam artikel.
Setelah selesai mengetik artikel, kamu bisa langsung mengklik tombol Publish, namun bila kamu masih ingin menyimpannya dulu klik saja tombol Save and Continue Editing, sedang bila kamu cuma ingin menyimpannya untuk diedit di waktu yang lain klik tombol Save.

0 komentar:

Posting Komentar